Senin, 30 Juni 2014

Memberi Peringkat pada Data dalam Excel

Jika anda memiliki sekumpulan data misalnya data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menurut kabupaten/kota atau provinsi kemudian anda ingin mengetahui peringkat masing-masing wilayah, apa yang anda akan lakukan? Jika data anda tidak begitu banyak, mungkin secara manual anda dapat menentukan urutan data dari yang terendah sampai yang tertinggi dan kemudian memberinya nomor urut. Tetapi jika data anda banyak, tentu hal ini akan sangat merepotkan anda.
Dalam Microsoft Excel, minimal ada dua cara yang anda dapat lakukan. Yang pertama anda mengurutkan data tersebut dengan menggunakan fungsi sort dan memberinya nomor urut sesuai urutannya. Cara kedua adalah dengan menggunakan fungsi rank yang akan secara langsung menampilkan peringkat pada data anda.
1. Menggunakan Fungsi Sort
Langkah 1: blok data yang akan diurutkan seperti berikut:

Langkah 2: Selanjutnya, pilih menu data dan klik sort. Pada sort by pilih IPM 2010, sedangkan pada order pilih smallest to largest untuk mengurutkan dari yang terkecil hingga terbesar atau sebaliknya pilih largest to smallest jika ingin mengurutkan dari yang terbesar hingga terkecil. Kemudian klik OK

Jika dipilih largest to smallest, hasilnya adalah sebagai berikut:

Langkah 3: Isikan Peringkatnya dengan angka 1 s.d. 14. Dan seterusnya dengan prosedur sort by kabupaten/kota data dapat dikembalikan ke urutan semula. Hasilnya adalah sebagai berikut:
2. Menggunakan Fungsi Rank
Menggunakan fungsi rank untuk memberi peringkat pada data sesungguhnya lebih cepat dan lebih sederhana. Fungsinya adalah RANK(number;ref;[order]).
a. Number :data pada sel tertentu yang akan ditentukan peringkatnya
b. Ref :referensi atau keseluruhan data yang akan diberi peringkat
c. Order: urutan; 0 jika dari besar ke keci dan 1 jika dari kecil ke besar
Pada sel pertama, perintahnya adalah =RANK(B2;B$2:B$16;0). Sebaliknya referensi diberi tanda $ untuk menguci sel sehingga jika dikopi tidak akan bergeser. Seterusnya perintah tersebut dikopikan ke seluruh sel sisanya.

Hasilnya adalah sebagai berikut:

0 komentar:

Posting Komentar