Selasa, 15 Oktober 2013

Presiden SBY akan 'Upgrade' Pantai Klayar Jadi Lebih Bagus

Pantai Klayar
Jakarta - Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terkenal dengan sebutan kota 1001 goa. Tapi siapa sangka, kabupaten yang berada di selatan Jawa Timur ini memiliki pantai menarik, bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun mengakuinya.

Pantai favorit SBY itu bernama Klayar. Pantai khas bukit bebatuan ini memang memiliki panorama yang ciamik. Bahkan SBY pun mengakui kalau pantai ini tidak kalah seperti pantai-pantai di luar negeri.

Dalam kunjungannya, Presiden SBY berharap agar kearifan budaya lokal di pantai ini terus dijaga. Dia juga akan membuat tempat wisata Pantai Klayar lebih bagus dari saat ini.

"Kita akan buat ini sebagai tempat wisata yang lebih indah, lebih bagus," ucap SBY dalam kunjungannya, Selasa (15/10/2013).

Butuh waktu satu jam lebih dari pusat kota Pacitan menuju pantai ini. Jalanan sempit, bergelombang dan berkelok-kelok menjadi penghambat menuju pantai indah ini.

Sekilas, pemandangan di pantai ini mirip dengan objek wisata Tanah Lot di Bali. Bukit-bukit bebatuan menjadi ciri khas di pantai ini. Tapi jangan sembarangan, batuan di pantai ini memiliki ciri khusus. Bukit di sini adalah hasil singkapan batu pasir gampingan.

Berdasarkan papan informasi di lokasi, karakteristik Situs Pantai Klayar adalah pantai landai yang diisi oleh pasir putih, singkapan batu pasir gampingan sejajar dan batu gamping yang terkekarkan. Dan tersesarkan sea attack dan tafoni. Pantai ini juga menghasilkan pompa gelombang yang menghasilkan fenomena gelser atau dalam bahasa geologi biasa disebut seruling samudera.

0 komentar:

Posting Komentar