Sabtu, 05 Oktober 2013

Sulitnya UKM Dapat Kredit Bank Jadi Isu Hangat di APEC 2013


Jimbaran - Masalah klasik akses permodalan bagi UKM diangkat dalam sebuah Forum di KTT APEC 2013. Sejumlah tokoh nasional dan internasional menyoroti soal akses kredit modal bagi UKM ini.

Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan salah satu yang mengatakan, persoalan akses perbankan menjadi kendala umum yang dihadapi oleh sektor UKM. Tak hanya di Indonesia, di kebanyakan negara pun masalah ini kerap diahdapi sektor UKM.

"Kelemahan terbesar adalah bagaimana mengakses perbankan, mengakses finansial di UKM," kata Syarief dalam sambutannya di acara APEC SMEE Summit 2013 di Jimbaran, Bali, Sabtu (5/10/2013).

Selain pemerintah, pengusaha pun mengeluhkan hal ini. Pengusaha pemilik Saratoga Sandiaga Uno mengatakan, dengan adanya APEC ini diharapkan ada suatu solusi untuk memudahkan para pengusaha pemula ataupun UKM dalam mendapatkan modal.

"Akses dari pendanaan harus dilakukan bagaimana kita melakukan revitalisasi seperti micro finance, modal ventura," katanya.

CEO Bosowa Erwin Aksa pun mengatakan hal senada. Dia mengatakan, para pengusaha akan merekomendasikan bahasan khusus untuk pertemuan antar pemimpin negara dalam Leaders Meeting APEC tanggal 7-8 Oktober nanti.

0 komentar:

Posting Komentar